Saran Pencarian

Apa Itu Pertanian: Apa Yang Harus di Pelajari Dalam Pertanian

Pertanian adalah salah satu industri tertua di dunia dengan usia yang berasal dari 10.000 SM. Pertanian adalah proses menghasilkan pangan.

Apa Yang Harus di Pelajari Dalam Pertanian

UiFarm
- Jika Anda ingin berkontribusi pada pengembangan pertanian negara melalui penerapan metode baru seperti tanaman rekayasa genetika, pertanian organik, dll.

Maka Anda harus mempelajari program pelatihan profesional yang mendalam. Artikel Uifarm akan membantu Anda lebih memahami industri Pertanian, pilihan studi, dan meraih peluang karir bagi mereka yang tertarik dengan bidang yang sudah lama berdiri ini. 

Apa itu Pertanian?

Pertanian adalah salah satu industri tertua di dunia dengan usia yang berasal dari 10.000 SM. Pertanian adalah proses menghasilkan pangan, dan pakan ternak dari pelaksanaan kegiatan bertani dan beternak, serta pemanfaatan hasil bumi dan ternak.

Dalam beberapa tahun terakhir, disiplin ini menjadi sangat berkembang berkat perubahan lingkungan, iklim, dan metode baru. Di indonesia, pertanian masih memainkan peran yang sangat penting karena negara kita masih menjadi pengimport pangan. 

Apa yang harus dipelajari dalam Pertanian?

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi identik dengan tren modernisasi pekerjaan pertanian. Oleh karena itu, program Sarjana Pertanian akan membantu siswa mengakses pengetahuan interdisipliner baik di alam dan ilmu sosial, mulai dari biologi, ilmu lingkungan, kimia, ekonomi dan administrasi bisnis.

Secara khusus, Anda akan membangun landasan ilmiah yang kuat di bidang pertanian melalui:

  • Studi Biologi
  • Lingkungan alami 
  • Produksi agrikultur 
  • Ilmu Pertanian 
  • Teknologi genetik
  • Teknologi pengolahan makanan
  • Teknik budidaya dan peternakan

Selanjutnya, Anda dapat memilih disiplin ilmu/kelompok mata pelajaran (modul) untuk mempersonalisasi gelar Anda. Luas dan kombinasinya akan tergantung pada kurikulum masing-masing sekolah, seperti:

Beberapa kursus pertanian berfokus pada mempersiapkan siswa untuk bekerja secara internasional – termasuk topik-topik seperti ekonomi berbasis bio, keberlanjutan dalam skala global atau sistemik, pangan global. 

Sebaliknya, yang lain fokus pada metode pertanian yang diterapkan di negara atau wilayah tertentu, atau pada aspek pertanian tertentu seperti pertanian, pemasaran produk pertanian, perawatan hewan, praktik berkelanjutan, atau manajemen properti besar.

Jurusan paling populer di bidang pertanian meliputi:

  1. Tanaman
  2. kehutanan 
  3. Kebun
  4. Pengelolaan Lahan
  5. Manajemen pedesaan dan pertanian

Selain itu, di sekolah ilmu terapan, siswa akan fokus pada mata pelajaran seperti ekonomi, pembangunan berkelanjutan, dan sistem pangan dan memperoleh berbagai keterampilan dan pemahaman tentang prinsip, sains, etika, dan perdagangan di bidang pertanian.

Secara khusus, sebagian besar kursus di bidang ini sering kali datang dengan peluang langsung yang berharga. Beberapa universitas bahkan berinvestasi di pertanian mereka sendiri, seperti Universitas Aberystwyth di Inggris yang memiliki lebih dari 2.500 hektar lahan pertanian bagi siswa untuk memiliki kesempatan untuk berlatih. Akibatnya, siswa akan memiliki akses ke sejumlah besar pengetahuan melalui berbagai metode pengajaran, dari kuliah kelas, tutorial, laboratorium hingga sesi praktik di pertanian sekolah.

Di mana saya harus belajar Pertanian?

Indonesia hari ini dengan keinginan untuk memimpin dunia di bidang pertanian di masa depan, sehingga investasi dalam pelatihan pertanian difokuskan.

6 universitas terkemuka di bidang pertanian di indonesia Versi QS WUR 2022 antara lain:

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat bidang pertanian di dunia: 41

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat bidang pertanian di dunia: 151-200

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat bidang pertanian di dunia: 301-350

4. Universitas Brawijaya

Peringkat bidang pertanian di dunia: 301-350

5. Universitas Hasanuddin

Peringkat bidang pertanian di dunia: 350-400

6. Universitas Diponegoro

Peringkat bidang pertanian di dunia: 401-410

Jika Anda ingin belajar Pertanian, AS, Inggris, Belanda, Australia, Jepang adalah negara-negara dengan pertanian yang sangat maju, spesialisasi dan penerapan kemajuan ilmiah dan teknis paling modern, patut dipertimbangkan.

Apa yang Anda lakukan dengan gelar di bidang Pertanian?

Lulusan Pertanian tidak perlu menghadapi masalah bahwa ilmunya tidak memiliki “manfaat”. Karena pembangunan pertanian yang tinggi, maka investasi pada sumber daya manusia muda difokuskan, sehingga Anda akan memiliki banyak kesempatan kerja dan bahkan menjadi kaya ketika beroperasi di bidang pertanian. Beberapa pekerjaan yang dapat Anda ambil setelah lulus adalah:

Peneliti, Insinyur Pertanian: melakukan terobosan penelitian dan pengembangan produk dan kegiatan pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Memiliki peternakan: jika Anda memiliki banyak lahan, Anda dapat menanam tanaman dan produk ternak Anda sendiri, dan belajar bagaimana membawa produk ke konsumen untuk menghasilkan pendapatan.

Manajemen rantai bisnis: perantara produk antara konsumen dan produsen.

Perdagangan, distribusi dan penyediaan produk pertanian: Menggunakan keahlian di bidang pertanian dalam perdagangan dan konsultasi untuk pelanggan. Selain itu, mengembangkan saluran distribusi, memastikan kualitas dan rantai pasokan yang stabil.

Konsultan dan penasihat: Memberikan penilaian dan metode inovatif yang membawa efisiensi tinggi ke pertanian, koperasi pertanian, Departemen Pertanian dan Pembangunan Pedesaan.

Dosen pertanian: menyampaikan pengetahuan teoritis dan pengalaman praktis kepada mahasiswa.

Peluang beasiswa di bidang Pertanian

Jika Anda ingin belajar di luar negeri dengan beasiswa, Anda dapat mengetahui sejumlah beasiswa khusus untuk universitas sektor Pertanian yang berfokus pada pelatihan di bidang ini atau organisasi pembangunan global. Di mana, Pusat Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pertanian Asia Tenggara (SEARCA) menawarkan beasiswa penuh dalam Pertanian dan Pembangunan Pedesaan kepada warga negara indonesia untuk berpartisipasi dalam program pelatihan pascasarjana.studi (master, doktor) di lembaga pelatihan di Filipina, Thailand, Malaysia dan Indonesia, Korea, Jepang dan Taiwan.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami ilmu pertanian.

Jangan lupa share dan diskusikan di kolom komentar dengan pembaca lain nya atau  bagikan ilmu pengetahuan anda di kolom komentar sesuai dengan pengalaman anda.

Terimakasih telah berkunjung, semoga hari ini menyenangkan.

Pertanian
ANNuh
ANNuh
Only ordinary people want better.
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.